Sunday, September 6, 2015

VAKSIN KANKER SERVIKS SAAT PROGRAM HAMIL, BAHAYA?

vaksin hpv dan kehamilan

   www.klinikraisha.com Selain masalah biaya dan menunggu habis menikah, alasan yang satu ini mungkin bisa jadi merupakan alasan ketiga tersering yang saya temui selama ini. Biasany mereka akan bilang “wah saya lagi mau program hamil lagi nih, besok aja deh kalau udah lahiran”. Bahkan alasan ini muncul dari rekan sejawat. Yang lebih parah lagi rekan sejawat ini menyatakan demikian setelah mendapat masukan dari rekan sejawat yang lebih ahli. Jika sudah seperti ini, saya yakin Indonesia masih jauh dari kata menurunkan angka kejadian kanker serviks.
   Saat menjelaskan kepada orang-orang yang diluar profesi medis, saya bisa menjelaskan dengan perlahan dan penuh kesabaran. Tapi ketika menjelaskan kepada rekan sejawat, apalagi yang lebih senior, kadang butuh lebih dari satu white flag. Justru inilah tantangannya, karena sering ketika kita mengajak kebaikan justru penolakannya lebih dahsyat dibanding mengajak sebaliknya.
   Untuk itulah saya butuh sumber referensi yang cukup kuat untuk meyakinkan mereka. Saya baru ingat kalau ada sumber referensi yang sangat bagus untuk menjawab pertanyaan tersebut, yaitu sebuah jurnal yang berjudul...

No comments:

Post a Comment