Tuesday, December 8, 2015

BEDA VAKSIN ROTAVIRUS ROTARIX DAN ROTATEQ

sumber : http://klinikraisha.com
perbedaan,rotateq,rotarix,rotavirus,vaksin
perbedaan vaksin rotarix dan rotateq
   Beberapa waktu yang lalu ada orang tua bayi yang menanyakan kepada kami “Dok, beda vaksin rotavirus rotarix dan rotateq apa ya? Kira-kira bagus yang mana dok?”. Apakah Anda pernah mendapatkan penjelasan rinci ketika menanyakan hal itu kepada dokter vaksinator bayi Anda? Apakah Anda sudah cukup puas dengan penjelasan tersebut?. Jika belum mari kita ulas kedua vaksin tersebut di sini.
   Jika membicarakan sebuah vaksin kadang kita juga perlu membicarakan sejarah perkembangan vaksin tersebut. Pada pertengahan 70’an vaksin rotavirus generasi pertama yang telah diujicobakan adalah vaksin monovalent (artinya hanya satu strain virus di dalamnya) yang berasal dari virus yang menginfeksi hewan, karena dianggap strain rotavirus yang menginfeksi hewan ketika diberikan secara oral kepada bayi manusia dapat mengurangi kejadian infeksi rotavirus. Hasil uji coba tersebut masih kurang memuaskan.
   Kemudian dikembangkan lagi vaksin yang berupa vaksin multivalent (artinya menggunakan lebih dari satu strain virus) yang disusun dengan menggabungkan materi inti rotavirus pada manusia dan pada monyet rhesus dan teknik ini disebutreassortant. Vaksin ini dilisensi dengan merek dagang RotaShield dan merupakan vaksin tetravalent (artinya ada 4 antigen virus utama di dalamnya). Tiga antigen pertama adalah antigen G1, G2, dan G4 dari rotavirus manusia, sedangkan antigen keempat adalah antigen G3 dari rotavirus monyet rhesus. Vaksin ini terbukti efektif mencegah kejadian infeksi rotavirus dengan rentang 80-100% dan pada tahun 1998 digunakan secara rutin di US.

No comments:

Post a Comment